CAFE BUDAYA GEMA FAJAR

Selasa, 29 Januari 2013

KOMENTAR TERBUKA ATAS LUKISAN "LE CHAPEAU BLANC" KARYA JEAN BAPTISTE GREUZE


Oleh Gema Fajar

      Le chapeau Blanc atau Si Topi putih, merupakan salah satu karya Jean Baptiste Greuze (1725-1805), pelukis bergaya French Rococo di abad ke-18. Untuk menggali informasi mengenai lukisan ini, tampaknya perlu juga mengamati lukisan Greuze yang lainnya. Antara lain: The Broken Jug, The Broken Mirror, The Complain of the Watch, Young Girl Weeping for her Dead Bird, A young girl holding a dove, dan Ariadne. 
      Dalam lukisan The Broken Jug, Young Girl Weeping for her Dead Bird, dan a Young Girl Holding a Dove, adalah lukisan dengan potret orang yang sama. Ciri yang menonjol dari ketiga lukisan tersebut adalah seorang perempuan yang mengenakan selendang sutra putih. Sedangkan cirinya yang lain adalah, buah dada bagian kiri yang menyembul dari gaun putihnya. Untuk tambahan, lukisan yang berjudul Ariadne tampak seperti gadis yang dilukis dalam potret sebelumnya, namun kali ini dalam potret yang lebih dewasa. bisa jadi, perempuan yang dilukisnya itu bernama Ariadne. dan yang terakhir adalah lukisan innocence. dari ke semua potret tersebut sama-sama menunjukkan kesedihan. Bunga-bunga yang terburai, kematian burung merpatinya, hancurnya sebuah cermin, tampak seperti unsur yang ingin ditonjolkan Greuze dalam lukisan-lukisan ini, kecuali dalam Le Chapeau Blanc.
    Mungkin, Le Chapeau Blanc adalah puncak kedewasaan Ariadne. sudah tidak ada tanda-tanda kesedihan dalam hidupnya. bahkan, dari pakaian yang dikenakan tampak ia memiliki status soaial yang tak begitu buruk. Bisa jadi, kehadiran Ariadne dalam kehidupan nyata memberikan pengaruh yang begitu besar pada si pelukis. (8/01/2012)
Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates